Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Tatkala Hulwan dan Masabazan Berhasil Ditaklukan

0

Atas perintah Khalifah Umar bin Khattab dari Madinah, Qa’qa ibn Amr lantas bergerak menuju Hulwan untuk melakukan pengejaran. Setiba di Hulwan, pasukan Islam tidak mendapati perlawanan. Penduduknya memilih berdamai dan membayar jizyah.

Setelah sepenuhnya menguasai Hulwan, Khalifah Umar dari Madinah menginstruksikan pasukan Islam untuk segera bergerak ke Masabazan di bawah pimpinan Dharar ibn al-Khathtab al-Fihri. Mereka beranjak ke arah timur menuju kota Masabazan, wilayah pegunungan yang ditumbuhi banyak pepohonan dan terletak di antara Hulwan dan kota besar Jundai-Saphur.

Related Posts

Sementara itu, panglima Hormuzan rupanya telah mempersiapkan perlawanan dengan sisa-sisa kekuatan yang ada. Dharar dan pasukannya pun langsung menggempur pihak Persia. Pertempuran kecil tak berimbang itu pun segera berakhir dan dimenangkan pasukan Islam.

Hormuzan kembali melarikan diri ke wilayah pegunungan Ahwaz, sementara sisanya melarikan diri ke arah pegunungan. Dharar memerintahkan sebagian pasukan Islam untuk mengejar mereka dan menyerukan titah menyerah. Maka, mereka pun berbondong-bondong kembali turun ke Masabazan dan menyepakati perjanjian damai. []

Sumber: Kisah Hidup Umar ibn Khattab/Penulis: Mustafa Murrad/Penerbit: Zaman,2007

Leave A Reply

Your email address will not be published.

you're currently offline