Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Sebab Bergelar Zulkifli (Kisah Nabi Zulkifli)

0

Nama Zulkifli adalah nama yang disematkan oleh seorang raja kepadanya sebagai gelar karena kesanngupannya menjalankan persyaratan untuk memimpin kerajaan.

Nabi Zulkifli adalah anak Nabi Ayub. Nama sebenarnya adalah Basyar bin Ayub. Nama Zulkifli diperoleh setelah ia sanggup menjalankan perintah raja. Arti Zulkifli adalah yang mempunyai kesanggupan.

Pada waktu itu seorang raja yang telah berusia lanjut. Raja tersebut sudah tidak mampu memimpin negerinya. Sayangnya, raja tidak mempunyai pewaris yang akan menggantikan kedudukkannya sebagai raja. Oleh karena itu raja membuat suatu pengumuman. Barang siapa yang sanggup berpuasa pada siang hari dan beribadah pada malam hari ia akan diangkat menjadi raja. Raja itu juga mengharuskan untuk bersabar dalam menghadapi segala urusan.

Related Posts

Cahaya yang Berpindah dari Abdullah ke Aminah

Tidak ada yang sanggup menjalankan persyaratan yang diminta oleh raja sebagai syarat untuk memimpin kerajaannya. Ketika yang lain tidak sanggup Hanya Basyar yang menyanggupi persyaratan tersebut. Lalu, raja memberi gelar Basyar dengan gelar Zulkifli. Nabi Zulkifli adalah seorang raja yang sangat sabar. Pada siang hari Nabi Zulkifli berpuasa dan pada malam hari menjalankan ibadah. Meskipun demikian, dia tetap bertanggung jawab memimpin negerinya.

Nama Nabi Zulkifli disebut dalam Surat Shaad ayat 48 sebagai orang yang paling baik. “Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa’ dan Zulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik.”

Sumber: Kisah 25 Nabi dan Rasul dilengkapi Kisah Sahabat, Tabiin, Hikmah Islam, Rasulullah, wanita shalihah/ kajian Islam 2

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

you're currently offline