Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Seandainya Engkau Memiliki Sedikit Keyakinan

0

Suatu ketika, Hasan al-Bashri dari Bashrah berkunjung ke rumah seorang muridnya, Habib al-Ajami. Kepada Hasan, Habib menyuguhkan dua potong roti gandum dan sedikit garam. Ketika Hasan sudah bersiap-slap menyantap hidangan itu, tiba-tiba seorang pengemis datang, dan tanpa permisi kepada gurunya yang sudah bersiap-siap menyantap hidangan itu, Habib menyerahkan dua potong roti gandum dan sedikit garam yang sudah disuguhkannya itu kepada si pengemis.

Hasan terheran-heran melihat sikap muridnya yang dianggapnya kurang tepat, bahkan cenderung tidak sopan itu. Maka katanya menasihati, “Habib, engkau memang seorang manusia yang budiman. Tetapi alangkah baiknya bila engkau sedikit pengetahuan. Engkau ambil roti yang telah kau suguhkan ke ujung hidung tamumu dan kau berikan kepada seorang pengemis. Seharusnya kau berikan sebagian kepada si pengemis dan sebagian lagi kau berikan kepada tamumu.”

Related Posts

Ini yang Disampaikan Umar untuk Umat Muslim

Habib tak memberikan jawaban. Tidak lama kemudian, seorang budak datang sambil menjunjung sebuah nampan. Di atas nampan tersebut ada daging domba panggang, makanan yang manis-manis dan uang lima ratus dirham. Si budak menyerahkan nampan dan seluruh muatannya kepada Habib dan Habib menempatkan nampan tersebut di samping Hasan. Kemudian ia mempersilakan Hasan ai-Bashri‘ untuk menyantapnya.

Ketika Hasan mengenyam daging panggang itu dengan lahap. Habib al-A’jami berkata kepadanya, “Guru, engkau adalah seorang yang budiman, tetapi alangkah baiknya seandainya engkau memiliki sedikit keyakinan. Pengetahuan haruslah disertai keyakinan.” []

Sumber: Moralitas Islam Dalam Ekonomi dan Bisnis/ Penulis: Dr. Yan Orgianus / Penerbit: Akbarmedia,2012

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

you're currently offline