Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Mereka Dilahirkan oleh Ibu Mereka dalam Keadaan Merdeka

0

Amr bin Al-Ash ialah seorang Gubernur Mesir. Putranya melatih kuda untuk persiapan balapan. Suatu ketika sebagian penduduk Mesir menantangnya balapan kuda. Lantas terdapat perselisihan di antara keduanya tentang milik siapakah kuda yang menang balapan.

Putra gubernur marah, lalu dia memukul orang Mesir tersebut seraya berkata, “Apakah kamu berani melangkahi putra orang-orang terhormat?”

Related Posts

Sang Amir yang Menjauhkan Diri dari Kemewahan Dunia

Maka, orang Mesir itu pun tidak terima, lantas dia mengajukan gugatan kepada Amirul Mukminin, Umar. Selanjutnya Umar memanggil gubernur Mesir (Amr bin Al-Ash) beserta putranya. Beliau juga memanggil orang Mesir tersebut, mengumpulkan orang-orang dan memerintahkan orang Mesir tersebut agar memukul pihak lawannya dengan mengucapkan, “Pukullah anak-anak orang-orang terhormat.”

Kemudian Umar juga memerintahkan kepadanya agar memukul gubernur, karena putranya tidak akan berani memukul orang kecuali karena kekuasaannya. Beliau membentak Amr bin Al-Ash dengan berkata kepadanya, “Sejak kapan kalian memperbudak manusia padahal mereka dilahirkan oleh ibu mereka dalam keadaan merdeka.” []

Sumber: Hiburan Orang-orang Shalih, 101 Kisah Segar, Nyata dan Penuh Hikmah/ Penulis: Muhammad Amin al-Jundi/ Penerbit: Pustaka Arafah

Leave A Reply

Your email address will not be published.

you're currently offline