Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Alasan Tidak Ditunjuknya Pengganti Rasulullah

0

Al-Bazzar dalam Musnadnya berkata, “Abdullah bin Waddah Al-Kufi berkata kepada kami, Yahya bin Al-Yamani berkata kepada kami, Israel berkata kepada kami dari Abi Al-Yaqzhan dari Abi Wail dari Hudzaifah berkata, Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, tidakkah engkau menunjuk pengganti yang memimpin kami sepeninggalmu nanti?”

Rasulullah berkata, “Sesungguhnya jika aku menunjuk penggantiku, aku khawatir kalian akan menentang penggantiku itu dan Allah akan menurunkan azab atas kalian.” (HR. Al-Hakim).

Imam Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Umar bin Khattab bahwa tatkala dia berada di atas pembaringannya setelah ditusuk oleh Abu Lu’luah, “Jika saya menentukan penggantiku, maka telah ada orang yang lebih baik dari aku yang melakukan itu (maksudnya Abu Bakar). Dan jika aku tidak menentukan penggantiku, maka itu pun telah dilakukan oleh orang yang lebih baik dari diriku (maksudnya Rasulullah).”

Related Posts

Imam Ahmad, dan juga Imam Al-Baihaqi dalam kitab Dalaad An-Nubuzuwah dengan sanad yang hasan dari Amr bin Sufyan dia berkata, “Tatkala Ali memenangkan Perang Jamal, dia berkata, `Wahai sekalian manusia, sesungguhnya kami dahulu tidak menunjuk seorang pun dalam masalah kepemimpinan ini hingga kami sepakat untuk mengangkat Abu Bakar sebagai khalifah pengganti Rasulullah. Dia menunaikan kekhilafahan itu dengan jujur dan lurus hingga menemui ajalnya. Kemudian Abu Bakar menunjuk Umar sebagai penggantinya. Lalu Umar menunaikan kekhalifahan itu dengan jujur dan sangat baik dalam agamanya. Namun kemudian banyak orang yang mencari dunia, maka di situlah mulai muncul berbagai masalah yang Allah tentukan.”

Al-Hakim meriwayatkan di dalam Al-Mustadrak dan dinyatakan shahih oleh imam Al-Baihaqi dalam Dalail An-Nubuwwah dari Abi Wail, dia berkata: Dikatakan kepada Ali, “Tidakkah engkau tentukan pengganti yang memimpin kami ?”

Dia menjawab, “Rasulullah tidak menentukan siapa penggantinya atas kami. Namun jika Allah menginginkan kebaikan, niscaya Dia akan menghimpun manusia kepada orang terbaik di antara mereka, sebagaimana Dia telah kumpulkan perkara ini kepada orang terbaik setelah Nabi mereka.” []

Sumber: Tarikh Khulafa: Sejarah Para Khalifah/ Penulis: Imam As-Suyuthi/ Penerbit: Pustaka Al-kautsar, 2000

Leave A Reply

Your email address will not be published.

you're currently offline