Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Kebijakan Utama Khalifah Abu Bakar

0

Sebagai Khalifah pertama, Abu Bakar menghadapi persoalan politik keagamaan, terutama penentangan dari kaum murtad (kaum riddah), memberantas Nabi palsu,dan merekayang tidak ingin sama sekali membayar zakat. Untuk mengatasi hal tersebut, Khalifah Abu Bakar melakukan musyawarah dengan para sahabat, tindakan apa yang harus di lakukan . Meski terjadi perbedaan pendapat, beliau tetap tegar,bahkan beIiau tegas mengatakan bahwa beIiau akan memerangi semua golongan yang menyimpang dari kebenaran, sehingga semuanya kembali ke jalan yang benar.

Untuk memerangi masalah tersebut, dibuatlah sebelas pasukan. Ada langkah strategis yang dilakukan khalifah sebelum melakukan serangan, yaitu pengiriman surat. Khalifah Abu Bakar mengirim surat kepada mereka dan mengajak untuk kembali kepada ajaran islam yang benar,sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Al-Hadits.

Untuk menangani ketidak stabilan politik karena gerakan kelompok penentang tersebut, Abu Bakar menyusun kekuatan di Madinah dan membaginya menjadi sebelas batalion untuk dikirim ke berbagai daerah pemberontakan.

Khalid bin Al-Walid merupakan salah seorang komandan yang pertama kali diperintahkan untuk memerangi Thulaihah dalam peperangan Buzaka. Gerakan Nabi palsu juga dapat dipatahkan oleh Khalid bin Al­ Walid, setelah Ikrimah dan Syurahbil gagal mengalahkan kekuatan Musailamah alkazzab. Pasukan Musailamah dapat dipukul mundur oleh Khalid dalam pertempuran di Yamamah tahun 633 M.

Dari empat tokoh gerakan anti Islam, dua di antaranya tewas terbunuh dalam peperangan, yaitu Aswad al -Ansi dan Musailamah al-Kazzab. Sedangkan dua tokoh lainnya, yaitu Saj’ah dan Thulaihah selamat dan kembali kepada ajaran Islam. []

Sumber: Misteri Pembunuh 3 Khalifah: Awal Dari Perpecahan Islam/ Penulis: Nurhasanah Namin S.Ag/ Sealova Media/ 2014

Leave A Reply

Your email address will not be published.

you're currently offline