Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Gambaran Fisik Abu Lahab

0

Rasulullah memiliki 4 orang paman yang hidup di masa kerasulannya. Dua orang diantaranya beriman kepada risalah Islam , yaitu Hamzah bin Abdul Muthalib dan Abbas bin Abdul Muthalib radhiallahu ‘anhuma. Sedangkan dua orang lainnya tetap berada dalam kekufuran hingga ajal menjemput keduanya. Dia adalah Abu Thalib bin Abdul Muthalib dan paman Rasulullah yang paling menentang dan memusuhi keponakannya bernama Abdul Uzza bin Abdul Muthalib, yang lebih dikenal dengan sebutan Abu Lahab. Dan Al-Qur’an mengabadikannya dalam Surat al-Lahab.

Sejarawan meriwayatkan bahwa Abu Lahab memiliki perawakan fisik sangat putih kulitnya. Seorang laki-laki tampan dan sangat cerah wajahnya. Demikianlah orang-orang jahiliyah mengenalnya.

Related Posts

Orang yang Dipastikan Masuk Neraka Ketika Masih Berada di Dunia

Pelajaran bagi kita, Abu Lahab memiliki nasab yang mulia. Seorang Quraisy. Paman dari manusia terbaik dan rasul yang paling utama, Muhammad ﷺ. Memiliki kedudukan di tengah kaumnya. Memiliki paras yang rupawan. Namun semuanya tidak ada artinya tanpa keimanan. Allah ﷻ hinakan dia dengan mencatatnya sebagai seorang yang celaka. Dan dibaca oleh manusia hingga hari kiamat dalam surat al-Lahab.

Sementara Bilal bin Rabah. Seorang budak, hitam, tidak pula tampan, dan jauh dari kedudukan serta kemapanan. Namun Allah ﷻ muliakan dengan keimanan. Karena sejatinya Allah ﷻ tidak memandang rupa manusia tapi iman dan taqwa. []

Leave A Reply

Your email address will not be published.

you're currently offline