Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Ciri-ciri Fisik Dajjal, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, dan Nabi Isa

0

Saat ini kita hidup di zaman modern dengan banyaknya alat elektronik yang bisa kita gunakan untuk mengambil moment sebagai kenangan yang bisa diingat sekalipun sudah lampau. Semua berbeda dengan keadaan di masa lampau atau katakanlah tahun sebelum masehi. Di zaman saat ini kita bisa mengenal fisik seseorang melalui foto atau gambar sedangkan di masa lampau itu tidak ada foto sehingga kita tidak akan bisa mengetahui atau membayangkan bagaimana fisik manusia pada masa itu. Namun, inilah ciri-ciri fisik Nabi Ibrahim, Musa dan Isa.

Imam Ahmad menuturkan, “Muhammad bin Abu Adi bercerita kepada kami, dari Ibnu Aun, dari Mujahid, ia berkata, `Suatu ketika kami berada di dekat Abbas, mereka menyebut-nyebut Dajjal, mereka berkata, `Di antara kedua matanya tertulis K A F I R.’

Ibnu Abbas berkata, `Apa yang mereka katakan?’

Mujahid berkata, `Mereka mengatakan, `Di antara kedua matanya tertulis K A F I R.’

Ibnu Abbas kemudian berkata, `Aku tidak pernah mendengar Nabi mengatakan seperti itu, hanya saja beliau menuturkan, `Adapun Ibrahim, lihatlah sahabat kalian ini—beliau sendiri maksudnya. Sementara Musa, ia berkulit coklat, rambutnya ikal, mengendarai unta merah dengan pelana serabut, aku seakan-akan melihatnya turun dari lembah ini dengan membaca talbiyah.’ Hasyim menjelaskan, `Khulbah adalah tali serabut’.”

Imam Ahmad selanjutnya meriwayatkan hadits ini dari Aswad, dari Israil, dari Utsman bin Mughirah, dari Mujahid, dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Rasulullah bersabda, `Aku memimpikan Isa putra Maryam, Musa dan Ibrahim. Adapun Isa, kulitnya merah, rambutnya ikal, berdada bidang. Sementara Musa, kulitnya cokelat, tubuhnya besar, dan lurus rambutnya.’

Mereka bertanya, Ibrahim seperti apa?’ Beliau menjawab, `Lihatlah sahabat kalian ini (beliau sendiri maksudnya)’.”

Imam Ahmad menuturkan, “Yunus bercerita kepada kami, Syaiban bercerita kepada kami, ia berkata, `Qatadah bercerita dari Abu Aliyah, saudara sepupu nabi kalian, Ibnu Abbas, bercerita kepada kami, ia berkata, `Nabi Allah bersabda, `Pada malam kala aku diperjalankan, aku melihat Musa bin Imran, ia jangkung dan berambut ikal, ia seakan-akan orang Syanuah. Aku melihat Isa putra Maryam, tingginya sedang, kulitnya kemerahan dan putih, rambutnya lurus’.”

Baca juga: Sahabat yang Bertemu Dajjal

Sumber: Kisah Para Nabi/ Penulis: Ibnu Katsir/ Penerbit: Ummul Qura

Leave A Reply

Your email address will not be published.

you're currently offline