Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Dari Masa Jahiliyah Sudah Pantang Menyembah Berhala

0

Sebagaimana Rasulullah, Abu Bakar juga selama hidupnya tidak pernah menyembah berhala. Keutamaan yang dimiliki Abu bakar ini merupakan perbedaan yang mencolok di antara para sahabat Rasulullah yang lain.

Seperti diketahui hampir semua sahabat Rasulullah pernah menyembah berhala semasa jahiliahnya. Sehingga beberapa dari mereka banyak yang mengalami siksaan agar mereka yang masuk Islam mau kembali menyembah berhala.

Bukan hal yang mustahil ketika Abu Bakar pernah diajak untuk menyembah berhala. Ini terjadi ketika Abu Bakar usia remaja.

Suatu ketika di usia remaja, Abu Bakar pernah diajak ayahnya ke suatu tempat yang penuh dengan berhala ayahnya berkata, “Ini semua adalah tuhanmu.”

Abu Bakar kemudian mendekati salah satu berhala, lalu berkata, “Aku lapar, beri aku makan.”

Berhala tersebut tidak merespons.

“Aku tidak memiliki pakaian,” kata Abu Bakar lagi.

Namun, berhala itu tetap tidak merespon. Abu Bakar lalu melempar berhala tersebut dengan batu hingga berhalanya terjatuh.

Akalnya yang jernih serta fitrahnya yang lurus telah menghindarkan dirinya dari kehinaan dan perbuatan yang tidak terpuji. Karena itulah Abu Bakar dengan mudahnya dapat bergabung dengan dalam barisan dakwah bersama Rasulullah Saw. []

Sumber: The Golden Story of Abu Bakar As-Shiddiq/Penulis: DR. Ahmad Hatta, MA., dkk/ Penerbit: Maghfirah Pustaka/ Januari, 2015

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

you're currently offline