Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Inilah Fakta tentang Gua Tsur

0

Tempat ini menjadi penting karena di situlah Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam dan Abu Bakar Shiddiq r.a. bersembunyi selama tiga hari, melarikan diri dari kejaran dan ancaman pembunuhan kaum kafir Mekah.

Tempat yang terletak di puncak jabal Tsur, letaknya sekitar 7 km dari Masjidil-Haram arah ke Thaif, sebelum Arafah dari arah Kudai, ialah Gua tsur. Gunung Tsur ini terdiri atas 3 puncak yang bersambungan dan berdekatan. Gua Tsur sendiri terletak pada puncak bagian yang ketiga. Gua yang terdapat di atas Gunung Tsur ini memiliki dua pintu, yang satu terdapat di bagian depan dan yang kedua di bagian belakang.

Bila dilihat, bentuk gua ini tidak ubahnya seperti wajan atau kuali yang ditelungkupkan. Peristiwa Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam dan Abu Bakar Shiddiq r.a. di gua ini diabadikan Allah di dalam Al-Qur’an,

Related Posts

Berkembangnya Agama Islam

“Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad), maka sesungguhnya Allah telah menolongnya, yaitu ketika orang-orang kafir (masyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah), sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya, ‘Janganlah Engkau berduka cita, sesungguhnya Allah bersama kita.’ Maka, Allah menurunkan ketenangannya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Allah menjadikan seruan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan, kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” (at-Taubah: 40)

Ayat diatas mengisahkan antara lain peranan yang telah dimainkan oleh Gua Tsur dalam perjalanan hijrah Nabi Ayat diatas mengisahkan antara lain peranan yang telah dimainkan oleh Gua Tsur dalam perjalanan hijrah Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam ke Madinah. Di gua inilah Nabi bersembunyi dari kejaran kaum musyrikin Mekah. Di sini pula Allah menunjukkan kebesaran-Nya dan membela Rasul-Nya dengan menempatkan laba-laba di mulut Gua Tsur tempat persembunyian Nabi itu, sehingga dengan adanya laba-laba yang menjaringkan rumahnya di pintu gua itu, orang-orang yang mengejarnya meyakini tidak ada orang di dalamnya.

Lepaslah Nabi Muhammad dan Abu Bakar dari kejaran para musyrikin Mekah. Menurut riwayat yang lain kedua mulut Gua Tsur didiami oleh laba-laba dan burung merpati. Setiap jamaah haji atau umrah biasanya menziarahi Gunung Tsur. Mengingat tingginya gunung ini dan sulitnya untuk mendakinya hingga ke gua, jarang sekali orang yang naik ke sana, bahkan pada musim haji setiap tahunnya pemerintah Saudi selalu menjaga kawasan ini agar jangan ada orang yang mendakinya, karena selalu mendatangkan korban yang mendakinya jatuh hingga meninggal dunia. Memang, secara syariat tidak ada dalil yang memerintahkan untuk menziarahi gua ini. []

Sumber: Tapak sejarah seputar Mekah-Madinah/Penulis: Muslim H. Nasution/Penerbit: Gema Insani Press, 1999

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

you're currently offline